Pada postingan sebelumnya saya sudah membahas tentang DESAIN PEMODELAN GRAFIK . nah sekarang saya akan membahas tentang Perkembangan Grafis dan pemodelan . Kemarin definisi Grafis (grafik) adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi desain grafik adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bias menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar.
Sejarah Grafis
awalnya
desain grafis merupakan perkembangan dari tulisan. Huruf huruf alfabet yang
ditemukan bangsa Romawi. semakin berkembangnya jaman perguruan tinggi di eropa
membutuhkan buku. dikarenakan belum ada teknologi yang memadai konon katanya
untuk membuat sebuah buku harus di salin tangan membutuhkan waktu yang panjang
untuk proses penyalinannya. sehingga terciptalah lahirlah huruf Blackletter Script, berupa huruf kecil yang dibuat dengan bentuk tipis-tebal
dan ramping. Efisiensi dapat terpenuhi lewat bentuk huruf ini karena ketipis
tebalannya dapat mempercepat kerja penulisan hurufnya yang kecil dan ramping
membuat tulisan lebih banyak dimuat dalam satu halaman buku.
Sejarah
Perkembangan
(1398-1468)
penemuan teknologi mesin cetak tahun 1447, menyerupai desain Rhineland(Jerman) untuk menghasilkan anggur. merupakan penemuan revolusioner untuk memproduksi buku secara massal dan low cost.
(1398-1468)
penemuan teknologi mesin cetak tahun 1447, menyerupai desain Rhineland(Jerman) untuk menghasilkan anggur. merupakan penemuan revolusioner untuk memproduksi buku secara massal dan low cost.
(1851)
The
Great Exhibition -Diselenggarakan di taman Hyde London antara bulan Mei hingga
Oktober 1851,pada saat Revolusi industri. Pameran besar ini menonjolkan budaya
dan industri serta merayakan teknologi industri dan disain, dalam bangunan yang
disebut dengan Istana Kristal yang dirancang oleh Joseph Paxton.
(1892)
Aristide
Bruant, Toulouse-Lautrec
Pelukis
post-Impressionist dan ilustrator art nouveau Prancis, Henri Toulouse-Lautrec
melukiskan banyak sisi Paris pada abad ke sembilan belas dalam poster dan
lukisan yang menyatakan sebuah simpati terhadap ras manusia.
(1910)
Modernisme
- Symbol terkuat dari kejayan modernisme adalah mesin yang juga diartikan
sebagai masa depan bagi para pengikutnya. Desain tanpa dekorasi lebih cocok
dengan ´bahasa mesin´, sehingga karya-karya tradisi yang bersifat ornamental
dan dekoratif dianggap tidak sesuai dengan ´estetika mesin´.
(1916)
Dadaisme
- Dadaism membawa gagasan baru, arah dan bahan, tetapi dengan sedikit
keseragaman. Prinsipnya adalah ketidakrasionalan yang disengaja, sifat yang
sinis dan anarki, dan penolakan terhadap hukum keindahan.
(1916)
De
Stijl - De Stijl adalah suatu seni dan pergerakan disain yang dikembangkan
sebuah majalah dari nama yang sama ditemukan oleh Theo Van Doesburg. De Stijl
menggunakan bentuk segi-empat kuat, menggunakan warna-warna dasar dan menggunakan
komposisi asimetris
(1918)
Constructivism
- Suatu pergerakan seni modern yang dimulai di Moscow pada tahun 1920, yang
ditandai oleh penggunaan metoda industri untuk menciptakan object geometris.
Constructivism Rusia berpengaruh pada pandangan moderen melalui penggunaan
huruf sans-serif berwarna merah dan hitam diatur dalam blok asimetris.
(1919)
Bauhaus
- dibuka pada tahun 1919 di bawah arahan arsitek terkenal Walter Gropius.
Sampai akhirnya harus ditutup pada tahun 1933, Bauhaus memulai suatu pendekatan
segar untuk mendisain mengikuti Perang Dunia Pertama, dengan suatu gaya yang
dipusatkan pada fungsi bukannya hiasan.
(1928-1930)
Gill
Sans - Tipograper Eric Gill belajar pada Edward Johnston dan memperhalus tipe
huruf Underground ke dalam Gill Sans. Gill Sans adalah sebuah jenis huruf sans
serif dengan proporsi klasik dan karakteristik geometris lemah gemulai yang
memberinya suatu kemampuan beraneka ragam (great versatility).
(1931)
Harry
Beck - Perancang grafis Harry Back ( 1903-1974) menciptakan peta bawah tanah
London (London Underground Map) pada tahun 1931. Sebuah pekerjaan abstrak yang
mengandung sedikit hubungan ke skala fisik. Beck memusatkan pada kebutuhan
pengguna dari bagaimana cara sampai dari satu stasiun ke stasiun yang lain dan
di mana harus berganti kereta.
(1950s)
International
Style - didasarkan pada prinsip revolusioner tahun 1920an seperti De Stijl,
Bauhaus dan Neue Typography, dan itu menjadi resmi pada tahun 1950an. Grid,
prinsip matematika, sedikit dekorasi dan jenis huruf sans serif menjadi aturan
sebagaimana tipografi ditingkatkan untuk lebih menunjukkan fungsi universal
daripada ungkapan pribadi.
(1951)
Helvetica
- Diciptakan oleh Max Miedinger seorang perancang dari Swiss, Helvetica adalah
salah satu tipe huruf yang paling populer dan terkenal di dunia. Berpenampilan
bersih, tanpa garis-garis tak masuk akal berdasarkan pada huruf
Akzidenz-Grotesk. Pada awalnya disebut Hass Grostesk, nama tersebut diubah
menjadi Helvetica pada tahun 1960. Helvetica keluarga mempunyai 34 model
ketebalan dan Neue Helvetica mempunyai 51 model.
(1960)
Psychedelia
and Pop Art - Kultur yang populer pada tahun 1960an seperti musik, seni, disain
dan literatur menjadi lebih mudah diakses dan merefleksikan kehidupan
sehari-hari. Dengan sengaja dan jelas, Pop Art berkembang sebagai sebuah reaksi
perlawanan terhadap seni abstrak. Gambar dibawah adalah sebuah poster karya
Milton Glaser yang menonjolkan gaya siluet Marcel Duchamp dikombinasikan dengan
kaligrafi melingkar. Di cetak lebih dari 6 juta eksemplar.
(1984)
Émigré
- Majalah disain grafis Amerika, Émigré adalah publikasi pertama untuk
menggunakan komputer Macintosh, dan mempengaruhi perancang grafis untuk beralih
ke desktop publishing ( DTP). Majalah ini juga bertindak sebagai suatu forum
untuk eksperimen tipografi.
Pengaruhnya Terhdap
Perubahan Teknologi Atas desain dan Pemodelan
Pada zaman dahulu desain atau gambar
tidak secanggih zaman sekarang dan didukung dengan Teknologi. Sekarang kita
ingin meliat foto 3d tinggal ke bioskop dan kalau zaman dahulu tidah ada yang
namanya 3d.Kita tinggal melihat video-videonya,
gambar yang berhubungan dengan kebudayaan tersebut. Termasuk dengan
artikel-artkelnya. Dahulu memang sudah ada artikel-artikel tersebut, tetapi
sebagian manusia tidak terlalu tertarik hanya dengan tulisan-tulisan tersebut.
Menurut penelitian, manusia bisa tertarik atau sangat tertarik dengan media
grafis(gambar-gambar yang menarik atau dengan rekaman).
Untuk mempelajari
kebudayaan, seorang pelajar dapat dengan mudah mengetahui kebudayaan tersebut.
Contoh :
Ada seorang pelajar
yang diberi tugas oleg gurunya. Ia diberi tugas untuk mengamati kebudayaan
cina. Nah, si pelajar tersebut tidak perlu repot-repot pergi ke cina. hahaha….
atau pergi ke daerah pecinaan. Si pelajar dapat mempelajari kebudayaan tersebut
dengan mudah di media internet. ia tinggal memasukkan keyword atau kata bantu
seperti kebudayaan cina. nanti dengan otomatis tercari dan tertampilkan. Dengan
perkembangan grafis. semua kebudayaan cina dapat diakses dan dilihat seperti
foto-fotonya, video-video rekaman.
0 komentar:
Posting Komentar