Kali ini waktunya membahas tentang Grafik , yang akan dibahas yaitu desain pemodelan grafik. Langsung aja kita bahas pertama kita harus mengenal :
Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif
lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata "desain" bisa digunakan baik
sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja,
"desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan menciptakan
obyek baru". Sebagai kata benda, "desain" digunakan untuk
menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah
rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.
Proses desain pada umumnya
memperhitungkan aspek fungsi, estetik dan berbagai macam aspek lainnya, yang
biasanya datanya didapatkan dari riset, pemikiran, brainstorming, maupun dari
desain yang sudah ada sebelumnya. Akhir-akhir ini, proses (secara umum) juga
dianggap sebagai produk dari desain, sehingga muncul istilah "perancangan proses".
Salah satu contoh dari perancangan proses adalah perancangan
proses dalam industri kimia.
Grafis (grafik) adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi desain grafik adalah kombinasi kompleks antara
kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran
khusus dari seorang individu yang bias menggabungkan elemen-elemen ini,
sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna
dalam bidang gambar.
Desain Grafis adalah cabang ilmu dari seni Desain
yang dalam perkembangannya Desain
Grafis dibantu oleh
komputer dalam mendesain sebuah object.
Perkembangan
grafis komputer, atau biasa disebut CG, telah membuat kita dapat berinteraksi
dengan mudah dengan komputer , dan lebih baik untuk memahami dan menafsirkan
berbagai jenis data. . Perkembangan komputer grafis memiliki dampak yang besar
pada banyak jenis media dan telah merevolusi industri dibidang animasi dan
video game. Istilah komputer grafis telah digunakan dalam arti luas untuk
menggambarkan “segala sesuatu
pada komputer yang bukan berupa teks atau suara”.
Saat
ini, komputer grafis mengahsilkan segala sesuatu yang banyak berkaitan dengan
berbagai aspek kehidupan kita sehari-hari.. Citra komputer grafik dapat
ditemukan di televisi, di koran, film dsb. Seperti misalnya dalam laporan
cuaca atau dalam semua jenis penyelidikan medis dan prosedur
operasi. Grafis yang dibuat dengan baik dapat mepresentasikan hal yang
terlihat sulit menjadi suatu hal yang mudah dan dapat dipahami. Grafik juga
dapat digunakan dalam media seperti laporan, thesis,serta tugas-tugas makalah.
Untuk mendukung perkembangan ini telah banyak perangkat lunak yang diciptakan
untuk mendukung kinerja dari komputer grafis atau CG. Perangkat-perankat lunak
tersebut dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu: untuk 2D, 3D, dan animasi
grafis. Karena teknologi berkembang pesat kebanyakan digunakan adalah perangkat
3D ,tetapi tidak sedikit yang masih menggunakan perangkat komputer grafis
2D. Oleh karena itu Komputer Grafis telah muncul sebagai sub-bidang ilmu komputer yang mempelajari metode untuk
mensintesis digital dan memanipulasi konten visual.
Berikut
adalah kegiatan yang berkaitan dengan grafik komputer:
1.Pemodelan
geometris : menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
2.Rendering : memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
3.Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behaviour objek bergantung waktu.
2.Rendering : memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
3.Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behaviour objek bergantung waktu.
Tipe-Tipe pemodelan grafik :
Grafik
komputer 2D
adalah pembuatan objek gambar yang masih berbasis gambar dengan perspektif 2 titik sebagai contoh adalah:gambar teks,bangun 2D seperti segitiga,lingkaran dsb. Grafik komputer 2D kebanyakan digunakan pada aplikasi yang digunakan hanya untuk mencetak dan menggambar seperti tipografi, gambar, kartun,iklan, poster dll.
adalah pembuatan objek gambar yang masih berbasis gambar dengan perspektif 2 titik sebagai contoh adalah:gambar teks,bangun 2D seperti segitiga,lingkaran dsb. Grafik komputer 2D kebanyakan digunakan pada aplikasi yang digunakan hanya untuk mencetak dan menggambar seperti tipografi, gambar, kartun,iklan, poster dll.
Pixel art
adalah sebuah bentuk seni digital, yang diciptakan melalui penggunaan perangkat lunak grafik raster di mana gambar akan diedit pada tingkat pixel. Pixel art dapat ditemukan pada komputer atau game-game yang relatif tua, dan juga dapat ditemukan pada telepon genggam.
adalah sebuah bentuk seni digital, yang diciptakan melalui penggunaan perangkat lunak grafik raster di mana gambar akan diedit pada tingkat pixel. Pixel art dapat ditemukan pada komputer atau game-game yang relatif tua, dan juga dapat ditemukan pada telepon genggam.
Berbeda
dengan pixel, grafik vektor merupakan representasi dari gambar dengan berupa
array pixel. Dimana keunggulannya adalah pada resolusi berapapun dan tingkat
pembesaran apapun gambar yang dihasilkan tetap(tidak blur atau pecah)
Grafik
komputer 3D
merupakan suatu grafis yang menggunakan 3 titik perspektif dengan cara matematis dalam melihat suatu objek, dimana gambar tersebut dapat dilihat secara menyeluruh dan nyata. Untuk perangkat-perangkat lunak yang digunakan untuk grafik komputer 3D ini banyak bergantung pada aloritma-algoritma.
merupakan suatu grafis yang menggunakan 3 titik perspektif dengan cara matematis dalam melihat suatu objek, dimana gambar tersebut dapat dilihat secara menyeluruh dan nyata. Untuk perangkat-perangkat lunak yang digunakan untuk grafik komputer 3D ini banyak bergantung pada aloritma-algoritma.
Kesimpulan
Desain pemodelan grafik suatu
tehknik perancangan sebuah gambar yang di desain dengan keinginan . Proses ini
banyak digunakan untuk membuat rancangan rumah , gedung , poster , hingga
sebuah film bias di buat dengan teknik ini .
Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Desain
0 komentar:
Posting Komentar